Friday, October 15, 2010

Google Maps Sebagai Sistem Penunjang Keputusan Penunjuk Jalan

Google Maps merupakan layanan pemetaan berbasis web yang dikembangkan oleh Google dan bersifat free. Peta yang ditampilkan bisa berupa gambar yang diambil dari satelit. Dengan Google Maps, pengguna bisa mengetahui rute perjalanan dan berapa lama waktu yang ditempuh ke sejumlah lokasi yang diinginkan.

Tampilan Awal Google Map
Misalnya, pengguna ingin bepergian menggunakan mobil dari arah Cibitung menuju Senayan dan ingin mengetahui rute mana yang terdekat dan tercepat sampai ke tempat tujuan. Si pengguna dapat mencari informasinya melalui Google Maps dengan mengetik alamat http://maps.google.com, maka tampilan yang dihasilkan seperti gambar berikut :

Rute Perjalanan dari Cibitung ke Senayan Menggunakan Mobil



Di left side bar akan tampil berbagai rute alternatif yang akan ditempuh beserta jarak tempuhnya.



Jadi kesimpulannya, dengan adanya Google Maps sebagai penunjuk jalan, pengguna dapat memilih jalan mana yang ingin dilalui apabila bepergian dari Cibitung menuju Senayan. Rute mana yang waktu tempuhnya paling cepat dan rute mana yang waktu tempuhnya paling lama.......tapi inget pepatah ya, malu bertanya sesat di jalan.....kalo pake google maps masih nyasar, mending nanya aja ama pengendara lain (^-^)

No comments:

Post a Comment