Friday, October 22, 2010

Broadband dan Konten

Barusan saya baca suatu artikel di detikInet yang judulnya 'Broadband Tak Berarti Tanpa Konten Berguna'. Menarik sekali artikelnya. Saya setuju dengan pendapat dari Wakil Sekjen Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Teguh Anantawikrama yang berpendapat :

"Selama ini kalau orang bicara broadband hanya infrastruktur. Padahal, 'pipa' itu tak ada artinya kalau tidak ada aplikasi, tidak ada konten, dan tidak ada yang menggunakan"

Menurut Wikipedia Indonesia Broadband merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

Apalah artinya broadband dengan kecepatan tinggi bila informasi yang ada di internet tidak tersedia atau tidak terupdate. Hal ini merupakan suatu hal yang mubazir dan sia-sia.

Di dunia web, banyak sekali konten yang tidak memberi informasi bagi pengunjungnya. Sehingga tujuan dari internet untuk mencari informasi tidak tercapai.

Saya harap di dunia web, terutama dunia web Indonesia para pengguna dapat memaksimalkan konten-konten websitenya dengan cara rajin mengupdate konten websitenya dan memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung web, sehingga trafficnya meningkat dan infrastruktur yang tersedia tidak mubazir.

1 comment: